10 Manfaat Seks Untuk Pria dan Wanita

Di mata sebagian pasangan suami dan istri, seks hanyalah dianggap sebagai alat pemuas kebutuhan rohani. Seks hanya dianggap sebagai kepuasan untuk mendapatkan orgasme belaka.

Banyak yang belum memahami, jika seks emmiliki banyak manfaat yang harus dilakukan. Hasil beberapa penelitian yang dilakukan, seks memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk kepuasan, melainkan juga untuk kesehatan dan mengurangi berat badan. Berikut beberapa manfaat seks yang dirangkum dari berbagai penelitian seperti yang dilansir dari WebMD.

  1. Mengurangi Risiko Disfungsi Ereksi
    Penelitian terbaru menunjukkan pria yang rutin berhubungan seks dapat mengurangi risiko berkembangnya disfungsi ereksi. Penelitian selama lima tahun yang dipublikasikan American Journal of Medicine, menganalisa terhadap 989 pria Finlandia dengan usia 55-75. Ditemukan pria yang berhubungan seks sekali dalam seminggu punya risiko dua kali lebih besar menderita disfungsi ereksi dibandingkan dengan para pria yang terlibat dalam aktivitas seks selama tiga kali dalam sepekan.

  2. Mengurangi Berat Badan
    Jika Anda termasuk tipe yang malas berolahraga, seks membuat semua kelompok otot tubuh bekerja. Ini merupakan latihan cardio-vascular yang bagus dan akan membantu Anda membakar hingga 500 kalori dalam satu jamnya.

  3. Melepaskan Stres
    Kepuasan dari hubungan seks dapat membantu menghilangkan beban dari hari yang berat dengan meningkatkan tingkat cuddle chemical oxytocin, yakni membangkitkan perasaan kehangatan dan rileks.

  4. Meningkatkan Prestasi
    Atlet wanita yang melakukan seks pada malam sebelum berlomba pada keesokan harinya, menurut penelitian oleh Norwegian University of Sport, akan merasa lebih percaya diri dan lebih rileks dari biasanya. Peneliti meyakini, atlet yang berhubungan seks sehari sebelum pertandingan berdampak besar terhadap prestasinya.

  5. Awet Muda
    Tingkatkan penampilan Anda dengan hubungan seks yang memuaskan. Seks akan membuat Anda selalu tampak dan merasa lebih muda, serta membuat rambut menjadi lebih berkilau dan kulit menjadi lebih cerah. Semua ini karena bertambahnya estrogen dan hormon lainnya.

  6. Meringankan Rasa Sakit
    Sakit kepala? Lupakan obat penghilang rasa sakit dan minum alkohol, karena perasaan nyaman ketika endorphin dilepaskan selama hubungan seks dapat membantu mengurangi rasa sakit.

  7. Mengatasi Depresi
    Kepuasan dan hormon yang dihasilkan juga dapat mengurangi depresi dan kegelisahan.

  8. Meningkatkan Kekebalan
    Melakukan seks dua kali dalam seminggu bisa membuat Anda terhindar dari pilek dan flu, menurut penelitian di New Scientist. Ini karena hubungan seks dapat meningkatkan lgA, lapisan pertahanan pertama dari sistem kekebalan.

  9. Mempercepat Pemulihan Kondisi Badan
    Dengan berusaha keras meraih bagian tubuh seperti perut dan bagian dalam paha dalam beberapa sesi hubungan seks dalam seminggu, akan membantu memacu badan Anda kembali ke kondisi fit.

  10. Hidup Lebih Lama
    Menurut penelitian University of Bristol, para pria dan wanita yang berhubungan seks tiga kali dalam seminggu akan mengurangi risiko mereka terkena serangan jantung atau stroke, Karena itu Anda akan menjadi lebih sehat.